Pusat Pengabdian | 2016-08-13 11:26:08


UIN Raden Fatah Palembang mempunyai kewajiban mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bahkan sebagai perguruan tinggi yang bercorak agama, dharma ketiga diharapkan menjadi trademark lembaga yang bercirikan keterpaduan antara peran-peran soal keagamaan dengan berbagai aspek kehidupan di masyarakat.

Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) merupakan salah satu institusi yang memiliki peran dan fungsi sebagai pengembangan keislaman, dakwah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penyebaran dan informasi produk IPTEK. Oleh akrena itulah, perspektif pengembangan posdaya, diharapkan sebagai penopang perubahan sosial dan kembali menampatkannya dalam percepatan pencapain indikator tujuan pembangunan Milllenium atau Millenium Development Goals (MDGs), yaki depalan tujuan dan sasaran atau tujuan yang telah disetujui anggota untuk diupayakan agar tahun tercapai 2015 oleh seluruh PBB yang berjumlah 191 negara.

Dalms sejarahnya, LP2M terbagi atas dua lembaga yaitu pusat penelitian dan pusat pengabdian kepada masyarakat (P2M). Sejak tahun 1995, pusat penelitian resmi berdiri sebagai lembaga yang bertugas melakukan kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang. Nama ini melekat sampai tahun 2013 dan memnjadi pusat penelitian.

Lembaga pengabdian kepada masyarakat (LPM) berganti nama pusat pengabdian kepada masyarakat (P2M) pada pelaksanaan KKN (Kuliah Kerja Nyata) ke 57 yang dilaksanakan di daerah Empat Lawang pada tahun 2011 yang dipimpim oleh Dr. Muhajirin, MA, dan LPM bergabung dengan pusat penelitian menjadi LP2M yaitu pada saat pelaksanaan KKN ke 62 pada tahun 2013. Kemudian KKN Tematik Posdaya angkatan 65 ke kabupaten Lahat dan Muba.

KKN yang diselenggarakan Lembaga Penelitian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)Raden Fatah Palembang berkonsentrasi pada pemberdayaan masyarakat.

Hubungan dengan KKN Tematik Posdaya, mahasiswa berperan untuk membentuk posdaya sebagai bentuk manifestasi dari kegiatan KKN yang dilaksanakan dalam rangka penyebaran informasi dan implementasi keilmuan serta menyelesaikan pendidikan tinggi melalui proses pembelajaran dengan cara tunggal, bergaul serta beradaptasi dengan masyarakat.

Selanjutnya yang pernah memimpin P2M diantaranya yaitu Drs. H. Mardi Abdullah, Drs. H. Abdul Amri Sirgar, MA, Drs. H. M. Teguh Shobari, M. Hum, Drs. M. Zuhdi, M. Hi, Dr. Muhajirin, MA, dan H. Komaruddin, M.Si.

Sejak diberlakukannya ortaker tahun 2013, pelaksanaan dan penganbdian kepada masyarakat selanjutnya berada dibawah pengelolaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M). Di lembaga inilah pusat Penelitian bersama dengan Pusat Pengabdian Masyarakat (P2M) dan Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian yang menjadi bagian penting dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kehadiran Pimpinan
20 Jan 2017


  • Dr. Syefriyeni, M.Ag.
    Ketua LP2M
    Ada


  • Dr. M.Rusydi, M.Ag
    Sekretaris LP2M
    Ada


  • Dr. M. Noupal, M.Ag
    Kepala Puslitpen
    Ada


  • Komaruddin, M.Si
    Kepala PPM
    Ada


  • Dr. Heri Junaidi, M.A
    Kepala PSGA
    Ada

  • Dr. Syefriyeni, M.Ag

    "Ada banyak kemungkinan, konkretkan satu saja untuk setiap jenjang pencapaian" (8-11-2016)

    Donwload Area

    Galeri

    Agenda


    • Perihal : Penerimaan Mahasiswa KKN ke 67
      Tanggal : 2016-11-01
      Pukul : 07.30 - 15.30 WIB
      Tempat : LP2M
      Keterangan : Pembukaan Pendaftaran

    • Perihal : Rapat Akhir Bulan
      Tanggal : 2016-11-01
      Pukul : 08.00 WIB
      Tempat : Ruang Rapat LP2M
      Keterangan : Konsolidasi

    Pengumuman