LP2M Gelar Seminar Hasil Penelitian 2018 | 2018-10-02 10:06:02


LP2M Gelar Seminar Hasil Penelitian 2018

Palembang - HUMAS-UINRF,-- Bertempat di Aula PPs UIN Raden Fatah Palembang LP2M Gelar seminar hasil penelitian 2018, dengan tema "Relevansi dan Kontinuitas Pemikiran Islam Klasik dalam Intelekrualisme Islam Melatu Nusantara", Senin (1/10/18).

 

HUMAS-UINRF,-- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Gelar seminar hasil penelitian tahun anggaran 2018, dengan tema "Relevansi dan Kontinuitas Pemikiran Islam Klasik dalam Intelekrualisme Islam Melatu Nusantara" di Aula PPs UINRF, Senin (1/10/18).

Seminar hasil penelitian dasar integrasi keilmuan oleh 2 orang Peneliti UIN Raden Fatah Palembang dan menghadirkan 2 orang narasumber sebagai pembahas hasil penelitian, yakni: Dr. H. Hery Noer Aly, M.A. (Dosen PPs IAIN Bengkulu) dan Dr. Farida WD., M Si (Dosen Sejarah UNSRI Palembang) serta 1 reviewer: Dr. Maftuhkatusolikhah, M.Ag. (UINRF Palembang).

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Seminar dibuka oleh Dr. Syefriyeni, M.Ag. selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UINRF Palembang, dihadapan para hadirin yang hadir antara lain para dekan dan wakil dekan, serta dosen dan tamu undangan.

Dr. Syefriyeni, dalan sambutannya  mengatakan bahwa kegiatan hari ini akan menyajikan hasil penelitian LP2M atas nama Prof. Dr. Ris'an Rusli, M.A., dan Yanto, M.Hum., M.IP. selaku dosen dan peneliti UINRF Palembang.
"Seminar hasil penelitian kali ini menghadirkan hasil penelitian 2 orang dosen UIN Raden Fatah, kemudian ditambah dengan 2 Orang sebagai narasumber dari IAIN Bengkulu dan Unsri, serta 1 orang reviewer" ujar Syefriyeni.

Masih Ketua LP2M mengatakan bahwa sebuah penelitian berangkat dari sebuah kegelisahan akademik.
"Kegelisahan akademik yang dirasakan oleh peneliti, akan menjawab apa yang ingin diteliti dan akan menjadi sebuah mozaik tulisan" ungkap Syefriyeni.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam paparannya Prof. Ris'an Rusli, (peneliti utama) mengatakan bahwa penelitian ini adalah menggabungkan 2 bidang keilmuan antara pemikiran dan sejarah, menjadi sebuah pemikiran islam klasik dalam intelektualisme islam melayu nusantara, tentu saran dan kritikan dari 2 orang narasumber dan para hadirin  untuk memberikan masukan terhadap hasil penelitian ini.

Yanto, M.Hum., M.IP. (peneliti kedua) mengatakan bahwa hasil penelitian ini akan menggambarkan tentang proses terbentuknya pemikiran intelektual islam melayu nusantara, serta relevansi dan Kontinuitasnya.

Menurur Hery Noer Aly, Relevansi dan Kontinuitas Pemikiran Islam Klasik dalam Ibtelektualisme Islam Melayu Nusantara yang di teliti oleh Prof. Ris'an Rusli dan Yanto, M.Hum. mengatakan bahwa Dasar Integrasi Keilmuan didasari oleh 2 bidang keilmuan. yaitu pemikiran dan sejarah.
"Karena penelitian berangkat dari 2 bidang keilmuan yang berbeda sehingga tuliskan saja, jangan menunggu tulisan menjadi sempurna" ungkap Hery Noer Aly.

Farida WD, mengatakan bahwa dalam penggunaan istilah Metode dan Pendekatan, saya lebih melihat bahwa penelitian yang di lakukan oleh Prof. Ris'an dan Yanto, sebaiknya konsistensi penggunakan pisau bedah keilmuan.
"menurut saya bahwa penelitian lebih ke arah pendekatan sejarah bukan Metode sejarah, dan Metode Sejarah tidak bisa dilepaskan dengan konsep ruang dan waktu" Beber Farida. (ARI)

Sumber : HUMAS-UINRF (Kemas Ari)

Kehadiran Pimpinan
23 Aug 2019

  • Ada
    Dr. Syefriyeni, M.Ag.
    Ketua LP2M


  • Ada
    Dr. H. Mgs. Nazarudin H. M.M
    Sekretaris


  • Ada
    Evi Yulianti, S.E
    Ka. Subbag TU


  • Ada
    Dr. Abdul Hadi, M.Ag
    Kapus Penelitian dan Penerbitan


  • Ada
    Dr. Achmad Syarifuddin, M.A
    Kapus Pengabdian kepada Masyarakat


  • Ada
    Dr. Heri Junaidi, M.A
    Kapus Studi Gender dan Anak


Dr. Syefriyeni, M.Ag

"Jiwailah peran, dan mainkan di setiap episod, sehingga tidak menjadi pengganggu" (14-1-2019)

     Donwload Area

     Galeri

     Agenda


    Perihal : Pemberangkatan KKN 71 Th 2019 Kabupaten Musi Banyuasin
    Tanggal : 2019-07-22
    Pukul : 05:00
    Tempat : Lihat Peta Parkir Bis
    Keterangan : Kumpul Sesuai Peta BIS

    Perihal : Sosialisasi & Pembekalan KKN 71 Tahun 2019
    Tanggal : 2019-07-18
    Pukul : 07:30
    Tempat : Gedung Akademik Center UIN Raden Fatah
    Keterangan : Peserta KKN & DPL

     Pengumuman


    Pengumuman Upload Sertifikat KKN | 2019-08-08

    Pemberitahuan kepada Mahasiswa yang telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata baik Reguler, Mandiri, Melayu Serumpun dan telah menerima Sertifikat  Kuliah  Kerja Nyata, agar mengupload Sertifikat KKN (asli) ke website LP2M : Download Pengumuman


    Pengumuman Jadwal Pengambilan Sertifikat KKN 70 Tahun 2019 | 2019-07-24

    Pemberitahuan kepada nama-nama  Mahasiswa (terlampir) Peserta KKN Angkatan 70 Tahun 2019, bahwa sertifikat KKN sudah dapat diambil di LP2M dengan jadwal sebagai berikut: Download


    Peta Lokasi Parkir Bus KKN 71 Tahun 2019 | 2019-07-19

    PETA LOKASI PARKIR BUS KKN REGULER ANGKATAN 71 TAHUN 2019


    Ketentuan Spanduk KKN Reguler Angkatan 71 Tahun 2019 | 2019-07-19
    Salam Bapak/Ibu DPL
    Mohon sosialisasikan ke kelompoknya masing-masing.
    DIharapkan membaca ketentuan berikut  ini!
     
    KETENTUAN PEMBUATAN SPANDUK KKN ANGKATAN 71 TAHUN 2019
    (UNTUK POSKO)
    1. Ukuran Spanduk 4 x 1 M
    2. Logo LP2M di Kiri Atas
    3. Logo Kota/Kabupaten Tempat Lokasi KKN di sebelah logo LP2M
    4. Identitas Lokasi dan Kelompok KKN Menyesuaikan
    5. Tanggal Pelaksanaan KKN: 22 Juli – 04 September 2019
    6. Desain tidak boleh diubah
     
    Pengumuman Lainnya...