UIN Palembang Dorong Dosen Tingkatkan Kualitas Riset dan Ciptakan Budaya Akademik | 2018-10-31 17:42:29


Palembang - Riset di UIN Raden Fatah Palembang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dari segi kuantitas, kualitas, dan pendanaan. Banyaknya riset turut serta meningkatkan reputasi akademik seorang dosen dan institusi. UIN Raden Fatah Palembang melalui LP2M berkomitmen dalam mencapai hal tersebut. Upaya meningkatkan wawasan dosen tentang metode riset, LP2M menggelar Pelatihan Metodologi Penelitian Berbasis Kompetitif pada Senin-Rabu, 29-31 Oktober 2018 di Hotel Grand Zuri Palembang.

Palembang – Riset di UIN Raden Fatah Palembang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dari segi kuantitas, kualitas, dan pendanaan. Banyaknya riset turut serta meningkatkan reputasi akademik seorang dosen dan institusi. UIN Raden Fatah Palembang melalui LP2M berkomitmen dalam mencapai hal tersebut. Upaya meningkatkan wawasan dosen tentang metode riset, LP2M menggelar Pelatihan Metodologi Penelitian Berbasis Kompetitif pada Senin-Rabu, 29-31 Oktober 2018 di Hotel Grand Zuri Palembang.

Hadir dalam pembukaan Rektor Prof. Drs. HM. Sirozi, M.A., Ph.D., Ketua LP2M Dr. Syefriyeni, M.Ag., Sekretaris LP2M/Ketua Rumah Jurnal Dr. Mgs. H. Nazarudin, M.M., Ka. P2M Dr. Achmad Syarifudin, M.A., Ka. PSGA Dr. Heri Junaidi, M.A. dan 62 dosen peneliti.

Ketua LP2M dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali pentingnya riset bagi dosen terutama dari segi penggunaan metode penelitian dan sistematisasi logika penulisan, yang menjadi perhatian khusus para reviewer pada saat menilai proposal. Sangat disayangkan ide dan gagasan yang sudah baik tetapi lemah dari sisi metodologi penelitian.

Disamping itu, semua penelitian dosen harus terbit di jurnal yang bereputasi minimal terindeks Moraref dan penggunaan anggaran penelitian yang tepat guna.

Rektor dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat baik dilaksanakan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian para dosen dan sekaligus menjadi ajang silaturahim antardosen.

Di hadapan para dosen, Rektor mengingatkan bahwa dosen harus meneliti baik skala kecil maupun besar; belajar dari Negara di Eropa, riset adalah menu sehari-hari bagi dosen; riset untuk to understand, to explan, to prediction; dan riset sebagai budaya akademik dengan membentuk komunitas akademik. Tidak hanya itu, khususnya kampus UIN harus terbuka untuk kemajuan ilmu pengetahuan bukan kampus yang menganut sekterian.

Di akhir sambutannya, Rektor menyemangati para dosen untuk tahun 2019 dapat meningkatkan klaster yang dipilih dan mulailah membentuk komunitas peneliti yang sebidang.

Sebelum pembukaan, 2 narasumber telah menyampaikan materinya yaitu Dr. Suwendi, M.Ag. (Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Diktis) dan Dr. Tantan Hermansah, M.Si. (UIN Jakarta). Kasubdit dalam materinya menyampaikan bahwa hendaklah para dosen melakukan penelitian H2 sekarang dan ke depan secara terus menerus. Dan, anggaran penelitian yang cukup besar sejatinya diiringi dengan kualitas penelitian yang baik. Kasubdit mengingatkan agar administrasi penelitian harus dirapikan, terutama laporan keuangan dan outcome jurnal yang jelas. 2 hari berikutnya, LP2M menghadirkan Prof. Dr. Phil. Al Makin, M.A. (UIN Sunan Kalijaga) dan Prof. Dr. Sukron Kamil, M.Ag. (UIN Jakarta) (pdha).

Sumber : LP2M

Kehadiran Pimpinan
19 Aug 2019

  • Ada
    Dr. Syefriyeni, M.Ag.
    Ketua LP2M


  • Ada
    Dr. H. Mgs. Nazarudin H. M.M
    Sekretaris


  • Ada
    Evi Yulianti, S.E
    Ka. Subbag TU


  • Ada
    Dr. Abdul Hadi, M.Ag
    Kapus Penelitian dan Penerbitan


  • Ada
    Dr. Achmad Syarifuddin, M.A
    Kapus Pengabdian kepada Masyarakat


  • Ada
    Dr. Heri Junaidi, M.A
    Kapus Studi Gender dan Anak


Dr. Syefriyeni, M.Ag

"Jiwailah peran, dan mainkan di setiap episod, sehingga tidak menjadi pengganggu" (14-1-2019)

     Donwload Area

     Galeri

     Agenda


    Perihal : Pemberangkatan KKN 71 Th 2019 Kabupaten Musi Banyuasin
    Tanggal : 2019-07-22
    Pukul : 05:00
    Tempat : Lihat Peta Parkir Bis
    Keterangan : Kumpul Sesuai Peta BIS

    Perihal : Sosialisasi & Pembekalan KKN 71 Tahun 2019
    Tanggal : 2019-07-18
    Pukul : 07:30
    Tempat : Gedung Akademik Center UIN Raden Fatah
    Keterangan : Peserta KKN & DPL

     Pengumuman


    Pengumuman Upload Sertifikat KKN | 2019-08-08

    Pemberitahuan kepada Mahasiswa yang telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata baik Reguler, Mandiri, Melayu Serumpun dan telah menerima Sertifikat  Kuliah  Kerja Nyata, agar mengupload Sertifikat KKN (asli) ke website LP2M : Download Pengumuman


    Pengumuman Jadwal Pengambilan Sertifikat KKN 70 Tahun 2019 | 2019-07-24

    Pemberitahuan kepada nama-nama  Mahasiswa (terlampir) Peserta KKN Angkatan 70 Tahun 2019, bahwa sertifikat KKN sudah dapat diambil di LP2M dengan jadwal sebagai berikut: Download


    Peta Lokasi Parkir Bus KKN 71 Tahun 2019 | 2019-07-19

    PETA LOKASI PARKIR BUS KKN REGULER ANGKATAN 71 TAHUN 2019


    Ketentuan Spanduk KKN Reguler Angkatan 71 Tahun 2019 | 2019-07-19
    Salam Bapak/Ibu DPL
    Mohon sosialisasikan ke kelompoknya masing-masing.
    DIharapkan membaca ketentuan berikut  ini!
     
    KETENTUAN PEMBUATAN SPANDUK KKN ANGKATAN 71 TAHUN 2019
    (UNTUK POSKO)
    1. Ukuran Spanduk 4 x 1 M
    2. Logo LP2M di Kiri Atas
    3. Logo Kota/Kabupaten Tempat Lokasi KKN di sebelah logo LP2M
    4. Identitas Lokasi dan Kelompok KKN Menyesuaikan
    5. Tanggal Pelaksanaan KKN: 22 Juli – 04 September 2019
    6. Desain tidak boleh diubah
     
    Pengumuman Lainnya...