Pembekalan KKN Mandiri Prodi PGMI | 2019-03-05 11:33:51


 

Palembang - Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang pada hari Rabu, tanggal 13 Februari 2019 mengadakan kegiatan Pembekalan Mahasiswa Calon Peserta KKN Mandiri.

 

HUMAS-UINRF -- Bertempat di Gedung Seminar lantai 4 FITK UIN Raden Fatah Palembang. dengan tema KKN Mandiri Berbasis Riset dan Pengembangan Potensi Lokal Berkarakter. Kegiatan ini yang merupakan wadah pembekalan dan konsolidasi,  terkait dengan kegiatan KKN Mandiri pertama di FITK, yang dalam hal ini Program Studi PGMI sebagai pionernya, dihadiri oleh Dekan FITK UIN Raden Fatah, yang dalam hal ini diwakili WD 2 Drs. H. Tastin, M. Pd.I., Kepala LP2M UIN Raden Fatah Dr. Sapriyeni, M.Ag., Ketua Program Studi PGMI UIN Raden Fatah Dr. Hj. Mardiah Astuti, M.Pd.I, Sekretaris Prodi PGMI Dr. Tutud Handayani, para Staf Prodi PGMI, Humas FITK, dan para mahasiswa calon peserta KKN Mandiri. Dalam sambutan yang sekaligus membuka acara pembekalan, WD 2 berpesan pada seluruh mahasiswa calon peserta KKN Mandiri sebanyak 69 orang mahasiswa yang akan bertugas lapangan, agar dapat menjalankan sebaik mungkin program yang sudah dibuat, menjaga nama baik pribadi, program studi, fakultas, LP2M, dan UIN Raden Fatah Palembang.

Beliau juga menghimbau, agar para mahasiswa calon peserta KKN Mandiri berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat, sehingga apa yang dikerjakan dapat bermanfaat. Hal ini juga sebagai ajang promosi agar masyarakat mengenal prodi PGMI di UIN Raden Fatah, dan sebagai upaya untuk menarik minat masyarakat terhadap UIN Raden Fatah Palembang umumnya, dan prodi PGMI FITK khususnya. 
Pesan senada juga disampaikan oleh ketua LP2M UIN Raden Fatah, Dr. Sapriyeni, M.Ag., agar mahasiswa peserta KKN Mandiri versi FITK UIN Raden Fatah dapat menjaga nama baik lembaga, dan dapat bekerja maksimal, agar perjuangan ketua prodi untuk menyelenggarakan kegiatan ini tidak sia-sia. Dalam hal ini, para DPL diharapkan jg dapat mendampingi para mahasiswa, dengan monitoring dan evaluasi dari LP2M.

Ketua Prodi PGMI, Dr. Mardiah, M.Pd.I. berpesan agar mahasiswa calon peserta KKN Mandiri saat di tengah masyarakat nanti harus berhati-hati bertindak, harus mau dan mampu membaur dengan masyarakat karena membawa nama lembaga. Dan yang terpenting, lanjut beliau, dengan adanya KKN Mandiri yang berlokasi tengah kota, tepatnya di Sako Palembang ini, diharapkan mahasiswa dapat tetap fokus menyelesaikan skripsinya.

Pengisi materi pembekalan KKN adalah Dr. Syefriyeni, Dr.Akhmad Syarifuddin, Dr.Tutut Handayani. Materi yang disampaikan berkaitan dengan tugas dan peran yang diemban mahasiswa dalam ber-KKN, yaitu:

  1. KKN merupakan bentuk pengabdian, menyediakan wahana bagi mahasiswa mengembangkan dan mempraktekkan kompetensinya di tengah masyarakat
  2. KKN mendorong pengembangan kemandirian masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun menyelesaikan persoalan-persoalan yang muncul dengan bekal dan keahlian mereka sendiri
  3. Program KKN harus dirancang secara matang, secara intens dan maksimal, dengan memberikan bantuan pikiran, tenaga dan teknik melalui cara pemberdayaan masyarakat. Terakhir, harapan para narasumber agar kiranya selama KKN, mahasiswa harus baik-baik di masyarakat dan mahasiswa yang terdiri dari 69 orang, harus kembali dan selesai KKN sebanyak 69 orang juga serta tidak terjadi sesuatu apapun. (Hn/Ar)

Sumber : HUMAS-FITK (Arip / Liza)

Kehadiran Pimpinan
19 Aug 2019

  • Ada
    Dr. Syefriyeni, M.Ag.
    Ketua LP2M


  • Ada
    Dr. H. Mgs. Nazarudin H. M.M
    Sekretaris


  • Ada
    Evi Yulianti, S.E
    Ka. Subbag TU


  • Ada
    Dr. Abdul Hadi, M.Ag
    Kapus Penelitian dan Penerbitan


  • Ada
    Dr. Achmad Syarifuddin, M.A
    Kapus Pengabdian kepada Masyarakat


  • Ada
    Dr. Heri Junaidi, M.A
    Kapus Studi Gender dan Anak


Dr. Syefriyeni, M.Ag

"Jiwailah peran, dan mainkan di setiap episod, sehingga tidak menjadi pengganggu" (14-1-2019)

     Donwload Area

     Galeri

     Agenda


    Perihal : Pemberangkatan KKN 71 Th 2019 Kabupaten Musi Banyuasin
    Tanggal : 2019-07-22
    Pukul : 05:00
    Tempat : Lihat Peta Parkir Bis
    Keterangan : Kumpul Sesuai Peta BIS

    Perihal : Sosialisasi & Pembekalan KKN 71 Tahun 2019
    Tanggal : 2019-07-18
    Pukul : 07:30
    Tempat : Gedung Akademik Center UIN Raden Fatah
    Keterangan : Peserta KKN & DPL

     Pengumuman


    Pengumuman Upload Sertifikat KKN | 2019-08-08

    Pemberitahuan kepada Mahasiswa yang telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata baik Reguler, Mandiri, Melayu Serumpun dan telah menerima Sertifikat  Kuliah  Kerja Nyata, agar mengupload Sertifikat KKN (asli) ke website LP2M : Download Pengumuman


    Pengumuman Jadwal Pengambilan Sertifikat KKN 70 Tahun 2019 | 2019-07-24

    Pemberitahuan kepada nama-nama  Mahasiswa (terlampir) Peserta KKN Angkatan 70 Tahun 2019, bahwa sertifikat KKN sudah dapat diambil di LP2M dengan jadwal sebagai berikut: Download


    Peta Lokasi Parkir Bus KKN 71 Tahun 2019 | 2019-07-19

    PETA LOKASI PARKIR BUS KKN REGULER ANGKATAN 71 TAHUN 2019


    Ketentuan Spanduk KKN Reguler Angkatan 71 Tahun 2019 | 2019-07-19
    Salam Bapak/Ibu DPL
    Mohon sosialisasikan ke kelompoknya masing-masing.
    DIharapkan membaca ketentuan berikut  ini!
     
    KETENTUAN PEMBUATAN SPANDUK KKN ANGKATAN 71 TAHUN 2019
    (UNTUK POSKO)
    1. Ukuran Spanduk 4 x 1 M
    2. Logo LP2M di Kiri Atas
    3. Logo Kota/Kabupaten Tempat Lokasi KKN di sebelah logo LP2M
    4. Identitas Lokasi dan Kelompok KKN Menyesuaikan
    5. Tanggal Pelaksanaan KKN: 22 Juli – 04 September 2019
    6. Desain tidak boleh diubah
     
    Pengumuman Lainnya...