Sejarah LP2M | 2017-03-13 22:25:34


 

Sejarah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN  Raden Fatah Palembang

Universitas  Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Pelambang berdiri berdasarkan keputusan menteri Agama No 7 1964 Tanggal 22 Oktober 1964 dan acara peresmian Pembukaan dilaksanakan pada tanggal 13 November 1964 di gedung DPR Sumatera Selatan.

Dalam sejarahnya, LP2M terbagi atas dua lembaga yaitu Pusat Penelitian dan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat sejak tahun 1995, Pusat Penelitian resmi berdiri sebagai lembaga yang bertugas melakukan kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang.

Sejak diberlakukannya ortaker, pelaksanaan penelitian dan pengabdian selanjutnya berada dibawah pengelolaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M). Di lembaga inilah Pusat Penelitian bersama dengan Pusat Pengabdian masyarakat (P2M) dan Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan penelitan dan pengabdian yang menjadi bagian penting dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dan, dengan terbitnya Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 53 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang (yang mutakhir), maka pada paragraf 3, pasal 71, hal. 78 menjelaskan bahwa Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang selanjutnya disebut LP2M, mempunyai tugas; melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan menilai kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

Dalam melaksanakan tugasnya LP2M menyelenggarakan fungsi:
a. pelaksanaan penyusunan rencana, evaluasi program dan anggaran, serta
    pelaporan;
b. pelaksanaan penelitian;
c. pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat;
d. pelaksanaan publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
e. pelaksanaan pengembangan pusat kajian; dan
f. pelaksanaan administrasi lembaga.

LP2M terdiri atas:
a. Ketua;
b. Sekretaris;
c. Pusat; dan
d. Subbagian Tata Usaha.

Adapun, Ketua LP2M mempunyai tugas; memimpin dan mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dan, Sekretaris mempunyai tugas melaksanakan koordinasi pelayanan administrasi pada LP2M sesuai dengan kebijakan Ketua Lembaga.

Pusat, terdiri dari:
a. Pusat Penelitian dan Penerbitan;
b. Pusat Pengabdian kepada Masyarakat; dan
c. Pusat Studi Gender dan Anak.

a. Pusat Penelitian dan Penerbitan sebagaimana dimaksud mempunyai tugas melaksanakan penelitian dan penerbitan.
b. Pusat Pengabdian kepada Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.
c. Pusat Studi Gender dan Anak mempunyai tugas melaksanakan studi gender dan anak.

Tiga Pusat yang ada di LP2M, masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala yang diangkat oleh Rektor dan bertanggung jawab kepada Ketua Lembaga.

Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melaksanakan layanan administrasi umum, akademik, kemahasiswaan, perencanaan, keuangan, dan pelaporan di LP2M.

Terhitung sejak dikeluarkannya SK Rektor UIN  Raden Fatah Palembang dengan No. 291/Un.09/1.2/Kp.07.6/06/2016 Tanggal 20 Juni 2016, maka dilantiklah Dr. Syefriyeni, M.Ag sebagai Ketua LP2M; Dr. Muhammad Noupal, M.Ag sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan; dan Dr. Heri Junaidi, M.A sebagai Kepala Pusat Studi Gender dan Anak. Dan, pada tanggal 24 Februari 2017 dilantiklah Helen Sabera Adib, M.Pd.I sebagai Sekretaris LP2MAchmad Syarifuddin, M.A, sebagai Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, menggantikan pejabat sebelumnya. 

Selanjutnya LP2M juga memiliki Tim Kerja yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor di bidang Publikasi Ilmiah yaitu Rumah Jurnal dengan SK Rektor UIN Raden Fatah Palembang No. 263 Tahun 2016. Dalam SK tersebut, Dr. Syefriyeni, M.Ag sebagai Penanggungjawab; Dr. M. Noupal, M.Ag sebagai Sekretaris.

Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen) sebelumnya bernama Lembaga Penelitian, pusat ini bertugas melakukan penelitian dan penerbitan karya-karya ilmiah yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa. Posisi penting pusat ini terlihat dari aspek penelitian yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan kata lain, Puslit memiliki tugas yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan UIN Raden Fatah Palembang di bidang penelitian ilmiah.

Dalam sejarahnya, Puslitpen pernah memiliki nama sebutan yang cukup banyak. Diresmikan pertama kali pada tahun 1969 melalui instruksi Rektor IAIN Raden Fatah Palembang No. I tahun 1969, lembaga ini dikenal dengan sebutan Lembaga Ilmiah, Dakwah dan Penerbitan yang diketuai oleh Drs. Burlian Somad. Dari sebutannya, lembaga ini bukan saja mengurusi karya ilmiah dosen dan mahasiswa, tetapi juga mengurusi bidang dakwah Islam. Dengan kata lain, Puslit pada saat itu memiliki tugas yang sangat luas dibandingkan dengan sekarang.

Tetapi nama lengkap ini tidak bertahan lama, Tahun 1970, melalui keputusan Rektor IAIN Raden Fatah Palembang No. III tahun 1970, Lembaga Ilmiah, Dakwah dan Penerbitan berganti nama menjadi Lembaga Ilmiah dan Penerbitan. Yang ditunjuk sebagai ketua adalah Drs. R. S. Poesponegoro menggantikan Drs. Burlian Somad. Disini terlihat spesifikasi tugas Puslit menjadi lebih khusus kepada kepada karya ilmiah dan penerbitan. Sedangkan bagian dakwah tidak menjadi perhatian Puslit lagi. Dalam kegiatannya, lembaga ini berhasil menerbitkan “Majalah Ilmiah Al-Fatah” sampai lima kali penerbitan dengan pemimpin redaksinya adalah Dr. Poesponegoro sendiri.

Seiring keluarnya keputusan Menteri Agama 1972 lembaga Ilmiah dan Penerbitan juga berubah menjadi Lembaga Research dan Survey. Dari namanya, lembaga ini hanya bertugas melakukan penelitian (riset). Sedangkan penerbitan, sekalipun tidak disebut tetapi tetap menjadi perhatian. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No. B.III/3-b/7121 tanggal 28 Desember 1972, lembaga Research dan Survey ini diketuai oleh oleh Prof. KH. Zainal Abidin Fikry dan Drs. R.S. Poesponegoro sebagai sekretarisnya. Sedangkan anggotanya adalah Zamhari Abidin SH, KH. Malian Jaman, KH. Mohd. Toha Nur, Syekh Makki A. Rovi’i L.M.L, Drs. Burlian Somad, K. Mohd. Rasyid Thalib, Drs. Alwy Hamry dan Drs. Usman Gani.

Pada masa ini, kegiatan penelitian cukup banyak dilakukan. Diantaranya adalah:

  1. Penelitian keagamaan (disesuaikan tahun 1972)
  2. Penelitian tentang “Sejarah Agma Islam dan Perkembanganya di Bumi Sriwijaya”; dikerjakan atas permintaan panitia Musabaqoh Tilawatil Qur’an II Pertamina Unit II Plaju
  3. Penelitian tentang “Klasifikasi Isi Al-Qur’an” yang diarahkan dalam dua bagian yaitun “Ayat-ayat Munakahat” serta “Ayat-ayat Imu Jiwa”,
  4. Survey dan Riset tentang kemerosotan Moral Muda-mudi

Pada tahun 1987, nama lembaga Research dan Survey diganti menjadi Balai Penelitian. Sampai tahun 1995, balai penelitian tetap menjadi lembaga yang mengurusi pelaksanaan penelitian dosen dan mahasiswa di UIN Raden Fatah Palembang, lembaga ini akhirnya berubah namanya menjadi Pusat Penelitian (Puslit). Namun, inilah yang sering disebut di lingkungan kampus.

Sejak tahun 1995, pusat penelitian resmi berdiri sebagai lembaga yang bertugas melakukan kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang. Nama ini melekat sampai tahun 2013 dan menjadi Pusat Penelitian (Puslit). Oleh karena itu,  sudah beberapa orang dosen yang memimpin pusat penelitian ini diantaranya adalah; Drs. Salman Ali (Alm), Prof. Dr. H. Jalaluddin, Drs. H. Mal’an Abdullah, Drs. Ahmad Zainal, Dr. Izomiddin, MA, Drs. Wijaya, M.Si, Drs. Muhammad Isnaini, S.Ag, M,Pd, Dr. Nyanyu Khodijah, Drs. Saiful Annur, M.Pd.

Kehadiran Pimpinan
23 Oct 2017


  • Dr. Syefriyeni, M.Ag.
    Ketua LP2M
    Ada


  • Helen Sabera Adib M.Pd.I
    Sekretaris LP2M
    Tidak Ada


  • Dr. M. Noupal, M.Ag
    Kepala Puslitpen
    Ada


  • Dr. Achmad Syarifuddin, M.A
    Kepala PPM
    Ada


  • Dr. Heri Junaidi, M.A
    Kepala PSGA
    Ada

Dr. Syefriyeni, M.Ag

"Ada banyak kemungkinan, konkretkan satu saja untuk setiap jenjang pencapaian" (8-11-2016)

     Donwload Area

     Galeri

     Agenda


    Perihal : Pengumpulan File Softcopy ke Dalam CD.
    Tanggal : 2017-04-12
    Pukul : -
    Tempat : Lantai II LP2M UIN Raden Fatah
    Keterangan : Pengumpulan File Softcopy ke Dalam CD.

    Perihal : Pengumpulan KHS, Laporan Individu dan kelompok ke LP2M
    Tanggal : 2017-04-10
    Pukul :
    Tempat : Lantai II LP2M UIN Raden Fatah
    Keterangan : Pengumpulan KHS Teori KKN, Laporan Individu dan kelompok ke LP2M

     Pengumuman


    Batas Akhir Upload Proposal Penelitian 2018 | 2017-10-12

    Diberitahukan kepada seluruh Dosen Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang yang sudah mengirimkan data : Nama, Judul, Kluster dan Anggaran Penelitian BOPTN tahun 2018 ke LP2M , agar segera registrasi, login dan mengupload proposalnya di website :   http://litapdimas.kemenag.go.id/. Terakhir pada tanggal 22 Oktober 2017 pukul 24:00 WIB  Lihat datail Pengumuman...


    Pengumuman Jadwal Pengumpulan Berkas KKN 68 | 2017-10-04

    Di umumkan kepada Mahasiswa Calon Peserta KKN Angkatan 68 Tahun 2018  untuk dapat mengumpulkan berkas KKN. Klik Lihat Jadwal Pengumpulan Berkas

    Pengumuman Lainnya...